Lokakain

Jarang Orang Tau, Kualitas Bahan Katun Combed

cotton combed, katun combed, bahan combed, bahan katun combed, katun combed 30s, katun combed 20s

Katun merupakan jenis kain yang dibuat dari bahan tanaman kapas. Bahan katun ini seringkali menjadi pilihan utama untuk pembuatan kaos, karena terkenal akan kualitasnya yang lembut, tidak panas, dan mudah menyerap keringat. Tapi banyak orang tidak tahu bahwa kualitas katun yang murni tersebut baru akan didapat dari bahan katun combed.

Katun combed ini baru dapat dihasilkan setelah melalui proses combing (sisir), di mana residu biji-biji kapas yang kasar telah dibuang bersih, sehingga kualitas murni katunnya menjadi optimal. Maka, tak heran bahan katun combed menjadi standard untuk merk-merk premium.

Bahan Katun Combed dan Jenis – jenisnya

Kebanyakan jenis bahan katun combed ini dikategorikan berdasarkan ketebalan dan jenis rajutannya (single / tunggal atau double / ganda). Untuk kategori ketebalan, biasanya menggunakan simbol angka. Ketebalan bahan katun yang umum di Indonesia adalah 20s, 24s, dan 30s. Semakin kecil angkanya, ketebalan bahannya akan semakin tinggi.

Katun Combed 20s

Katun combed 20s merupakan salah satu bahan katun yang termasuk kategori tebal. Umumnya bahan ini dibuat melalui metode rajutan single. Karena sifat bahannya yang tebal, combed 20s sangat cocok untuk dipakai tempat dataran tinggi atau pegunungan. Jenis serat 20s juga lebih besar, sehingga pori-pori bahan akan lebih kecil dan kain lebih sulit ditembus angin.

Katun Combed 24s

Katun combed 24s berada tengah-tengah di level 20s dan 30s, sehingga memiliki ketebalan yang medium. Untuk metode perajutannya juga umumnya single.

Karena tidak terlalu tebal maupun tipis, bahan katun combed 24s ini menjadi lebih fleksibel untuk dipakai berbagai aplikasi. Apabila ingin membuat kaos yang bisa dipakai sehari-hari dan bisa dipakai ke mana saja, sangat disarankan untuk memilih jenis katun combed yang 24s.

Katun Combed 30s

Untuk jenis bahan yang lebih tipis, kita dapat memilih katun combed 30s. Karena jenis benangnya yang lebih kecil dan halus, kita akan merasakan lebih sejuk. Di daerah yang bercuaca panas, sangat lazim bahan kaos katun combed 30s lebih sering ditemukan. Selain itu, jenis 30s ini juga sering diaplikasikan untuk kaos olahraga, karena sifatnya yang lebih mudah menyerap keringat.

Bahan Katun Combed Tipis, Apa Kualitasnya Jelek

Seringkali banyak orang berpikir bahwa kualitas kain itu berbanding lurus dengan ketebalannya. Padahal tidak selalu demikian, ada juga kain yang lebih tipis, tapi secara kualitas lebih bagus daripada kain yang lebih tebal. Maka, ketebalan kain itu sebenarnya perlu disesuaikan dengan aplikasinya. Untuk katun combed yang tipis, lebih disarankan dipakai untuk aplikasi yang ingin memaksimalkan rasa sejuk.

Kelebihan Bahan Katun Combed 

Apabila lebih teliti lagi melihat pilihan bahan di market, kita suka menemukan katun combed 20s, 24s, dan 30s yang ketebalannya mirip satu sama lain, tetapi dari harganya berbeda. Sebenarnya 20s/24s/30s juga merupakan ukuran besar kecil benang katun. 

Semakin kecil benang katun, benangnya akan semakin halus; tetapi proses produksinya akan memakan waktu lebih lama. Lebih lama berarti biaya akan lebih besar, karena energi listrik yang dipakai dan waktu tenaga kerjanya lebih banyak.

Seperti ada tertulis ada harga ada kualitas, apabila ketiga jenis ini memiliki ketebalan yang sama, katun combed 30s yang benangnya lebih kecil akan memiliki kualitas yang lebih bagus dan juga harga yang lebih tinggi.

Kesimpulan

Bahan katun combed merupakan jenis katun premium yang seringkali jadi pilihan utama untuk pemilihan bahan kaos merk-merk ternama. Hal ini dikarenakan karakteristiknya yang lebih lembut, lebih sejuk, dan lebih menyerap keringat.

Jenis kain combed ini juga bermacam-macam, tergantung dari ketebalan kain dan metode rajutannya. Umumnya ada 3 jenis yang tersedia di negara kita, yaitu 20s, 24s, dan 30s. Perlu diingat bahwa ketebalan kain tidak selalu menjadi tolak ukur kualitas dan harga, tetapi kita harus mengacu pada model pakaian yang akan kita buat.

Itulah tadi pembahasan tentang bahan cotton combed, selanjutnya kita akan membahas tentang kain rayon lho!

Clothings
Share This Post:
MORE NEWS

Copyright PT Karya Anak Inovatif Nusantara © 2019-2024. All Rights Reserved

Pembelian Roll/Grosir