Lokakain

Linen Rayon : Karakter dan kegunaan dari bahan populer dari Lokakain

Halo semuanya? Apakah kamu adalah orang yang cukup idealis dengan eco-friendly dalam memilih material fashion. Fakta menarik bahwa limbah tekstil merupakan salah satu limbah penyumbang sampah terbesar di bumi selain plastik. Maraknya penjualan dan penggunaan fast fashion yang laris manis di pasaran serta kurangnya edukasi dan pengetahuan masyarakat akan jenis pakaian yang eco-friendly menjadikan masyarakat tidak peduli dengan apa dan bagaimana karakter dari jenis tekstil yang mereka kenakan, apakah bahan tersebut aman untuk lingkungan, apakah bahan tersebut aman untuk kulit dan lain sebagainya.

Tidak hanya sebagai penyumbang sampah, jenis kain atau tekstil yang tidak ramah lingkungan tersebut juga merupakan penyumbang emisi gas yang sangat merusak iklim dan lebih buruk dibandingkan industri pelayaran dan penerbangan! Lebih lanjut data menunjukkan produksi busana tiap tahunnya selalu mengalami peningkatan, dan rata-rata daya beli konsumen akan kebutuhan fashion juga selalu meningkat. Apa yang akan terjadi apabila hal semacam ini tidak segera diatasi.

Pada kesempatan kali ini Lokakain akan mengajak kamu semua untuk mengenal karakter dan kegunaan salah satu serat kain berbahan alami yaitu linen rayon. Salah satu etikat baik Lokakain untuk edukasi para pelaku bisnis dalam mengenal suatu kain.

Perbedaan Kain Linen Rayon

Kain Linen:

Belum diketahui secara pasti akan tetapi kain linen dinilai sebagai salah satu jenis kain tertua di dunia. Kain linen merupakan kain yang dibuat dari serat alami yang diperoleh dari tanaman rami (Linum usitatissimum) yang tebal dengan tekstur halus dan kaku. Serat ini telah digunakan selama berabad-abad dalam pembuatan kain karena memiliki karakteristik yang kuat dan tahan lama.

Struktur serat linen ini cukup unik, hal ini dikarenakan linen terbuat dari bahan alami, dimana ia memiliki adaptasi terhadap cuaca. Sejuk bila dipakai di daerah bersuhu panas, dan sebaliknya menjadi hangat bila berada di kenakan saat suhu dingin.

Pemanfaatan atau kegunaan kain linen tidak hanya digunakan sebagai bahan membuat pakaian, akan tetapi juga sebagai bahan sprei, karpet, dekorasi, aksesoris fashion dan yang lainnya. Dengan perawatan yang baik bahan linen bisa terus digunakan untuk jangka waktu yang sangat lama.

Karakteristik khas kain linen:

  • Ramah Lingkungan: Serat linen berasal dari tanaman rami, yang sangat mudah dibudidayakan dengan relatif lebih sedikit pestisida dan irigasi, selain ramah lingkungan karena terbuat dari bahan alami, ia juga ramah lingkungan karena tidak akan merusak tanah dengan penggunaan bahan-bahan kimia.
  • Sejuk: Kain linen memiliki sifat yang menyerap kelembaban dan cepat kering, menjadikannya nyaman saat dipakai di cuaca panas. Ketika dingin bahan linen juga tidak ikut menjadi dingin, justru ia menyesuaikan dan menjadi hangat ketika dikenakan.
  • Kerut alami: Kain linen memiliki tekstur alami yang cenderung mengkerut, hal ini merupakan keunikan sendiri dari bahan linen yang mampu memberikan tampilan kasual dan santai pada pakaian.

Kain Rayon:

Kain rayon, juga dikenal sebagai viscose, rayon merupakan serat semi sintetis yang dihasilkan dari bahan baku alami seperti kayu, kapas, atau serat tanaman lainnya. Bubur kayu diproses melalui serangkaian tahap kimia yang kompleks untuk mengubahnya menjadi celupan selulosa dan beberapa tahap pengolahan lagi sehingga menjadi serat rayon.

Meski melalui proses kimiawi yang cukup panjang akan tetapi kain rayon memiliki dampak yang rendah terhadap alam dari pada jenis kain sintetis murni.

Kelebihan dari serat rayon adalah kemampuannya dalam menyerap zat pewarna. Karena dari itu mengapa ada banyak sekali pilihan warna untuk kain jenis ini. Manfaat atau kegunaan dari kain rayon juga cukup banyak. Dengan tekstur yang licin dan halus kain rayon sangat cocok digunakan menjadi bahan baku pakaian, hijab, gamis, kemeja dan lainnya.

Karakteristik khas kain rayon:

  •  Lembut: Karena terbuat dari bahan baku alami yang diproduksi dengan cara modern, kain rayon memiliki karakter yang sangat lembut dan nyaman.
  • Kilau: Kain rayon merupakan alternatif yang mirip dengan sutra. Kain rayon terkenal dengan kilau yang elegan.
  • Warna beragam: Kain rayon memiliki kemampuan yang baik dalam menyerap warna, hal ini yang menjadikan begitu banyak pilihan warna dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai bahan baku pakaian.

Tertarik memiliki dan mencoba salah satu jenis kain tersebut sebagai pakaian daily wear atau untuk acara formal? Kamu bisa dengan mudah temukan dua jenis kain tersebut di Lokakain. Tidak hanya linen dan rayon, di sana juga tersedia puluhan jenis-jenis kain lainnya sesuai dengan kebutuhanmu.

Pembelian ecer maupun grosir bisa datang langsung di alamat Jl. Jend. Sudirman No.16, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung, Jawa Barat 40241. Atau pesan secara online, siap kirim ke mana saja tanpa minimal pembelian.

ClothingsDesign
Share This Post:
MORE NEWS

Copyright PT Karya Anak Inovatif Nusantara © 2019-2024. All Rights Reserved

Pembelian Roll/Grosir