Lokakain

Ini Dia Perbedaan Tekstil Dengan Kain

perbedaan kain dan tekstil, tekstil, kain, garmen

Akibat pandemi yang terjadi di Indonesia, hampir semua industri terkena dampaknya termasuk industri garmen. Akan tetapi di tahun 2022, Kemenperin memperkirakan industri garmen dapat mengalami pertumbuhan pada kuartal pertama. Apabila kita membicarakan tentang garmen, tentu tidak akan terlepas dari tekstil dan kain. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang perbedaan tekstil dengan kain.

Apa Yang Dimaksud Dengan Tekstil?

Yang pertama akan kita bahas adalah mengenai tekstil. Kata tekstil terdengar sangat familiar, tetapi sebenarnya apakah arti kata tekstil. Asal mulanya kata tekstil berasal dari bahasa Latin yaitu, “texere” yang artinya menenun. Sejarah tekstil sudah dikenal sangat lama, sejalan dengan peradaban manusia di dunia. Jika berdasarkan KBBI, kata tekstil adalah barang tenun (seperti cita, kain putih) ;bahan pakaian.

Berdasarkan Penggunaan Tekstil

Tekstil dapat digunakan untuk menyebut bahan apapun yang terbuat dari proses hasil tenunan benang.Tekstil dibentuk dengan cara penyulaman, penjahitan, pengikatan, dan penekanan.  Jika diklasifikasikan berdasarkan penggunaan, tekstil dibagi menjadi :

  • Tekstil pakaian, hasil dari proses tenunan benang yang digunakan di industri pakaian, seperti untuk baju, celana,kaos, dsb.
  • Tekstil dekoratif, biasanya dapat digunakan untuk membuat produk dekorasi, seperti karpet, gorden, fitrase, kelambu.

Berdasarkan Produksi Tekstil

Jika diklasifikasikan berdasarkan produksi tekstil bisa menghasilkan serat stapel (serat pendek), serat filamen (serat panjang), benang chenille, dan sebagainya.

Apa Yang Dimaksud Dengan Kain?

Tekstil dan kain adalah 2 hal yang berbeda. Kalau tekstil lebih mengacu pada prosesnya, sedangkan kain adalah hasil output dari tenunan benang yang sudah bisa langsung digunakan. 

Jenis kain bisa bermacam-macam bergantung pada jenis benang yang membentuknya, yaitu :

  • Kain yang berasal dari serat alami
  • Kain yang berasal dari serat buatan

Perbedaan Tekstil dengan Kain

Jadi perbedaan antara tekstil dan kain adalah, kain lebih banyak digunakan untuk produk akhir, sementara tekstil penggunaannya lebih banyak untuk industri. Selain itu tekstil secara definisi memiliki arti kain tenun, tekstil berasal dari bahasa latin texere, sementar kain selalu diartikan sebagai potongan bahan yang digunakan untuk membuat berbagai jenis kebutuhan fashion contohnya gaun atau sebagai kain pelapis.

Kesimpulan

Jadi apabila disimpulkan, tekstil adalah material yang terbuat dari hasil tenunan benang tetapi belum siap digunakan, masih memerlukan proses lebih lanjut. Sedangkan kain adalah hasil output dari tenunan benang yang sudah bisa langsung digunakan.

Setelah kita membahas tentang perbedaan antara tekstil dan juga kain, pada artikel selanjutnya kita akan coba bahas lebih mendalam perbedaan antara kain katun dan rayon.

Clothings
Share This Post:
MORE NEWS

Copyright PT Karya Anak Inovatif Nusantara © 2019-2024. All Rights Reserved

Pembelian Roll/Grosir