Lokakain

Spandex Bordir: Kenali Karakter dan Pemanfaatan bahan ini!

Apa yang terlintas dalam pikiran ketika mendengar kata “spandex bordir”? untuk kamu yang hobby olahraga pasti sudah akrab dengan kain jenis ini, sedangkan yang lainnya mungkin belum begitu familiar. Tidak masalah! Pada artikel kali ini, kami akan membahas secara detail tentang spandex bordir dan mengapa bahan ini semakin populer di dunia fashion. Jadi, mari kita mulai mengenal lebih dalam karakteristik dan pemanfaatan kain spandex! Ayo simak sampai habis!

Apa itu Kain Spandex?

kain spandex termurah dari lokakain

Spandex merupakan sejenis serat sintetis yang sangat elastis dan lentur. Bahan ini dihasilkan melalui proses kimia yang kompleks, menciptakan serat polimer yang kuat namun fleksibel. Kain spandex memiliki kemampuan untuk meregang hingga 500% dari panjang aslinya atau 5 kali dari panjang awal tanpa harus khawatir melar.

Inilah alasan mengapa kain ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan pakaian olahraga, pakaian renang, dan pakaian lainnya. Selain itu, bahan ini juga memiliki daya tahan tinggi terhadap deformasi dan keausan sehingga dapat digunakan secara berulang-ulang kali. Selain dimanfaatkan sebagai bahan pakaian olahraga saat ini juga sudah tersedia kain spandex bordir yang bisa dimanfaatkan untuk membuat pakaian muslim, seperti gamis, kulot, dress dan blouse dengan tekstur yang lembut dan jatuh ketika dikenakan.

Selain karakteristik elastisitasnya, spandex juga dikenal karena kemampuannya untuk memberikan kenyamanan saat dipakai. Banyak orang merasa jika bahan ini lebih nyaman daripada bahan lainnya karena bisa leluasa bergerak tanpa khawatir sobek atau melar.

Kelebihan Bahan Spandex

Elastis dan Kuat

Elastis dan lentur merupakan karakter utama dari bahan spandek. Selain itu kain jenis ini juga sangat kuat tahan aus dan tidak mudah rusak, meskipun digunakan dengan cara yang kasar seperti untuk berolahraga, terpapar sinar matahari, terkena keringat dan sebagainya.

Pakaian yang berbahan spandex pasti awet dan bisa digunakan dalam kurun waktu yang cukup lama hingga bertahun-tahun. Selain itu kamu juga tidak perlu khawatir kain ini akan sobek apabila tubuhmu mulai menggendut. Karena kain ini sangat elastis dan bisa dipakai untuk seluruh ukuran badan tanpa perlu khawatir akan sulit bergerak.

Tidak Mudah Kusut

Bahan spandex merupakan kain yang sangat tahan banting. Kain ini tidak perlu disetrika meskipun sebelum kamu jemur sudah kamu remas sekuat tenaga, ia akan kembali ke bentuk semulanya dan seperti tidak terjadi apa-apa. Selain itu kain spandex juga cepat kering, jadi meskipun kamu akan berkegiatan fisik yang akan menguras keringat, kain jenis ini benar-benar bisa diandalkan.

Tekstur Halus dan Lembut

Kelebihan kain spandex yang selanjutnya adalah teksturnya yang halus dan lembut ketika dikenakan. Kain jenis ini memang didesain untuk cuaca panas. Untuk itu kain spandex didesain halus dan lembut agar tetap nyaman digunakan untuk berkegiatan. Kain ini juga mencampurkan bahan anti-allergenic. Jadi meskipun digunakan untuk berkegiatan yang berkeringat tapi kamu tidak perlu khawatir alergi karena memakai nya.

Pilihan Warna Beragam

Kain spandex merupakan kain yang dibuat menggunakan bahan sintetis yaitu serat spandex yang biasa disebut serat Elastane atau Lycra. Campuran bahan yang digunakan untuk kain spandex, yaitu: Serat Poliester, serat Nilon hingga serat Katun. Karena diproduksi menggunakan serat sintetis maka pabrik akan dengan mudah mencampur serat dengan warna-warna yang disukai. Selain itu kain jenis ini juga tidak mudah pudar meskipun sudah dicuci dan dijemur berulang-ulang.

Kekurangan Bahan Spandex

Gerah

Salah satu kekurangan dari bahan spandex adalah rentan terhadap panas. Karena sifatnya yang elastis, spandex cenderung cepat menyimpan panas. Hal ini dikarenakan bahan serat yang digunakan adalah serat sintetis yang memiliki kekurangan dalam hal sirkulasi udara dan memerangkap panas pada kain.

Mudah Bau

Untuk kamu yang memiliki masalah pada bau badan kamu harus tahu bahwa kain spandex lebih rentan menimbulkan bau kurang sedap. Hal ini karena kemampuannya yang kurang  baik dalam menyerap keringat, alhasil keringat akan menempel pada tubuh dan menciptakan bau yang kurang baik. Tapi untuk kamu yang bau badannya aman tidak perlu khawatir, karena nanti tidak terlalu berpengaruh.

Sensitif Terhadap Panas

Meskipun kain ini cukup tangguh meski digunakan dengan kasar, dicuci dan dijemur berkali-kali. Akan tetapi kain ini tidak tahan pada panas yang berlebih. Untuk itu apabila kamu memiliki pakaian berbahan spandex ada baiknya jangan disetrika atau ia akan mudah terbakar dan membuat setrika lengket ke kain kesayanganmu.

Cara Merawat Kain Spandex yang Benar

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kain spandex bordir adalah bahan yang sangat fleksibel dan serbaguna dalam dunia tekstil. Kehadirannya memberikan banyak manfaat dan kegunaan di berbagai industri seperti fashion, olahraga, interior, dan masih banyak lagi.

Namun demikian, perlu juga diperhatikan penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara merawat kain Spandek yang benar agar bisa lebih awet lagi.

Untuk merawat kain spandex dengan benar ada beberapa tips yang bisa diikuti:

1. Cuci menggunakan air dingin dengan deterjen lembut.
2. Hindari penggunaan pemutih atau pelembut secara berlebihan.
3. Jangan gunakan mesin pengering atau setrika suhu tinggi.
4. Jemur pakaian secara alami di tempat yang teduh.
5. Hindari mencuci bersama benda tajam atau kasar yang dapat merusak serat kain.

Dengan memperhatikan cara perawatan tersebut, pakaianmu yang berbahan spandex akan makin awet dan tetap bagus, sehingga tetap nyaman dan tahan lama.

Jadi, jika kamu mencari bahan spandex akan tetapi yang berbeda dari yang lain. Kamu bisa kunjungi toko online lokakain.com disana kamu akan menemukan kain spandex bordir dengan berbagai motif yang bisa kamu jadikan bahan dasar pakaian impianmu. Selain itu harganya juga harga grosir meskipun kamu hanya beli eceran. Menarik bukan, yuk borong koleksi kainnya sekarang juga.

ClothingsDesign
Share This Post:
MORE NEWS

Copyright PT Karya Anak Inovatif Nusantara © 2019-2024. All Rights Reserved

Pembelian Roll/Grosir