Lokakain

6 Jenis Kain Brokat Yang Sering Digunakan Untuk Busana Wanita

jenis kain, kain, brokat, jenis kain brokat

Saat ini kain brokat sudah familiar di tengah masyarakat terutama para pencinta fashion. Kain brokat adalah kain yang halus dengan karakteristik memiliki corak terbuka yang variatif. Pada awal mulanya, kain brokat ini terbuat dari benang sutra dan benang linen, tetapi seiring berkembangnya waktu kain brokat juga menggunakan bahan dasar benang katun / serat sintetis.

Kain brokat sendiri lebih identik sebagai kain yang mewah karena proses pembuatannya cukup sulit. Biasanya kain brokat digunakan sebagai kain pelapis luar di dunia fashion. Nah pada kesempatan kali ini kita akan bahas sama-sama jenis kain brokat yang paling sering digunakan di industri fashion wanita, yuk simak penjelasannya berikut ini!

Kain Brokat Tile

kain, brokat, kain brokat, tile, kain tile, brokat tile

Brokat tile adalah brokat yang dibuat pada kain tile/tulle. Untuk jenis brokat yang premium biasanya menggunakan bahan dasar tile berkualitas sehingga kain akan halus dan nyaman saat digunakan. Sistem pembuatan brokat ini adalah dengan menggunakan sistem rajut khusus. Untuk motifnya tergolong simple dan karakteristik bahannya juga ringan sehingga bisa digunakan untuk busana casual atau dijadikan sebagai outer. 

Kain Brokat Tile 3D

kain, brokat, kain brokat, tile, kain tile, kain brokat tile, 3D, 3, dimensi, tiga

Brokat tile 3D sebenarnya sama seperti brokat tile tetapi ditambah aplikasi corak timbul sehingga memberikan kesan motif menjadi lebih hidup dan semakin menambah kesan mewah. Kualitas tile yang dipakai juga premium sehingga tetap nyaman saat digunakan, brokat tile 3D ini banyak digunakan untuk membuat gamis formal, kebaya atau gaun.

Kain Brokat Prada

kain, brokat, prada, kain prada, brokat prada, kain brokat prada, lokakain

Brokat Prada memiliki ciri tekstur yang timbul. Meskipun coraknya timbul, brokat Prada ini tetap halus dan nyaman saat digunakan. Brokat Prada termasuk salah satu brokat yang premium yang disukai oleh designer/pelaku fashion karena memiliki kesan mewah. Brokat Prada ini banyak digunakan untuk bahan kebaya atau dress formal. Untuk aplikasi dari brokat ini dapat digunakan langsung secara utuh atau dipotong coraknya saja kemudian digunakan untuk aplikasi.

Kain Brokat Jepang

Brokat Jepang biasanya memiliki motif bunga yang lebih lebar. Biasanya brukat jepang juga banyak dipakai untuk kebaya yang simpel karena kesannya sederhana sehingga cocok untuk dipakai semiformal.

Kain Brokat Italy

kain, brokat, italy, brokat, italy, italia,

Brokat Italy pada umumnya memiliki bordiran dan payet sehingga secara langsung memberikan kesan glamour. Untuk tipe brokat italy banyak digunakan untuk dress pesta karena brokat ini sendiri sudah langsung memberikan kesan mewah saat digunakan. Tipe brokat italy ini juga sangat variatif bergantung dari motif brokat,tipe bordirannya, serta jenis payet yang digunakan.

Kain Brokat Perancis

Brokat Perancis, sesuai dengan namanya pada mulanya brokat ini dibuat dan didesign di Perancis, dimata untuk material yang digunakan juga beragam seperti sutra, katun dan biasanya tipe design yang digunakan adalah motif floral tetapi dengan tambahan payet, brukat. Brokat perancis termasuk ke dalam golongan brokat premium, dari sisi bahan yang digunakan sebanding dengan harga yang ditawarkan.

Kesimpulan

Ternyata, jenis brokat begitu beragam di pasaran. Tapi tidak perlu bingung, karena untuk pemilihan brokat sebenarnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan motif favorit masing-masing, apakah untuk digunakan untuk bergaya casual, acara semi formal, atau acara formal.

Nah selain kain brokat, ada satu kain yang cukup menarik untuk dibahas , nama kainnya adalah kain poplin, buat yang penasaran sama jenis kain satu ini bisa langsung cek informasinya di artikel berikutnya ya!

Clothings
Share This Post:
MORE NEWS

Copyright PT Karya Anak Inovatif Nusantara © 2019-2024. All Rights Reserved

Pembelian Roll/Grosir