Lokakain

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Kain Poplin

kain, poplin, kain poplin

Kain poplin mungkin agak asing di telinga sobat kain ya! Jadi apa itu kain poplin? Sebenarnya kain poplin masih masuk kategori kain katun guys! Kata Poplin sendiri mengacu pada tipe anyaman yang digunakan, yaitu tipe anyaman plat yang merupakan anyaman kain yang terkuat.

Karakter dari kain ini memiliki tekstur seperti kotak-kotak, yang tingkat kesamarannya tergantung dari tipe benang yang digunakan. Kain poplin sendiri banyak dijadikan pilihan untuk membuat kemeja, baju koko, dress casual, atasan. Yuk kita gali lebih dalam gengs!

Jenis - jenis Kain Poplin

jenis, kain, poplin, kain poplin

Kain poplin ini banyak jenisnya loh! Tergantung dari tipe anyaman dan komposisi bahan yang digunakan, berikut beberapa jenis kain poplin yang dapat ditemui di pasaran:

Kain Poplin Katun

Kain poplin katun ini menggunakan anyaman plat dengan benang katun 100%. Karakteristik dari kain poplin yang satu ini sangat lembut dan nyaman digunakan. Kamu juga gak perlu khawatir, karena anyamannya yang sangat padat membuat kain ini tidak tembus pandang!

Kain TC Poplin

Kain TC Poplin dibuat menggunakan anyaman plat tetapi menggunakan campuran benang katun dan polyester. Untuk komposisi dari katun dan polyesternya sendiri beragam. Misalnya Kain TC Poplin terdiri dari 20% katun dan 80% polyester. Ada pula Kain TC Poplin Katun Jepang terdiri dari 35% katun 65% polyester. Dengan adanya campuran benang katun, kain TC Poplin akan sangat nyaman digunakan. Karena karakteristiknya yang lembut, adem dan tidak menerawang saat digunakan.

Kain Poplin Plat

Kain Poplin Plat mengacu pada jenis anyaman yang digunakan, yaitu anyaman plat. Anyaman plat sendiri merupakan bentuk anyaman kain yang terkuat. Hasilnya kain akan lebih awet, tidak mudah rusak meskipun telah melewati proses pencucian berkali-kali. Wah, bisa dipakai untuk jangka panjang nih guys!

Kain Poplin Twill

Kain Poplin Twill dibuat dengan menggunakan anyaman Twill, hasilnya kain akan memiliki tekstur garis diagonal. Seperti kain poplin plat, kain yang satu ini menawarkan kenyamanan dan ketahanan yang sama. Kain poplin twill banyak digunakan untuk membuat kemeja, pakaian anak, baju koko hingga dress casual.

Nah banyak kan guys jenis-jenis dari kain poplin ini. Meskipun banyak jenisnya, kamu gak perlu bingung karena setiap jenis kain poplin punya kelebihan yang sama kok! Kelebihan dari kain poplin antara lain:

Kain Poplin Mudah Dibentuk

kain, poplin, mudah, dibentuk, kain poplin

Kain poplin ini mudah dibentuk guys, jadinya mudah banget saat proses pembentukan pola. Sehingga kain poplin dapat jadi bermacam-macam pakaian. Hal ini dikarenakan karakteristik kain poplin yang halus, lembut dan permukaannya yang rata.

Kain Poplin Tidak Mudah Luntur

kain, poplin, kain poplin, tidak mudah luntur, luntur

Pasti sobat kain gak suka kan kalau warna bajunya luntur? Dengan penggunaan kain polin kamu gak perlu khawatir lagi! Kain poplin biasanya menggunakan campuran katun sebagai bahan dasarnya, walaupun pada proses pencelupan pada bahan katun tidak secepat bahan polyester, tetapi hasil dari warna kain poplin tidak mudah luntur pada saat dicuci.

Kain Poplin Menyerap Keringat Dengan Baik

Kain poplin mengandung bahan katun yang memiliki daya serap sangat baik. Termasuk menyerap keringat. Jadi mau kamu pakai di cuaca terik, lari-lari keliling komplek, ngejar abang baso, gak jadi masalah!

Kain Poplin Ringan & Kuat

Meskipun anyamannya padat dan rapat, kain poplin tetap tergolong ringan. Karena bentuk anyamannya padat, maka kain menjadi lebih kuat dan tidak mudah robek walaupun setelah dipakai cukup lama.

Kesimpulan

Dengan karakteristik yang dimiliki kain poplin, tidak heran apabila banyak dijadikan sebagai bahan favorit untuk sehari-hari karena selain nyaman digunakan untuk harga kain poplin juga bersahabat. Cocok untuk jadi alternatif dari bahan kain yang lain seperti satin atau kagawa. Jadi tunggu apa lagi bestie, langsung masukin keranjang belanja kali ya~

Clothings
Share This Post:
MORE NEWS

Copyright PT Karya Anak Inovatif Nusantara © 2019-2024. All Rights Reserved

Pembelian Roll/Grosir