Lokakain

Apa Itu Kain Kanvas? Kain Kanvas Adalah…

kain, kain kanvas, kanvas, tumpukan kain, tumpukan, lokakain, jual kain

Hallo sobat kain, siapa disini yang sering banget mendengar kata kain kanvas? Banyak banget dong pastinya. Nah hari ini, kita akan bahas sama-sama apa sih kain kanvas itu, penasaran? Yuk simak penjelasannya berikut ini!

Kain kanvas adalah kain tenun dengan pola anyaman benang yang polos dan sangat rapat, sehingga memiliki kekuatan kain yang kuat dan tahan lama. Secara kasat mata, struktur anyaman benangnya terlihat kotak-kotak atau bulat-bulat. 

Kain kanvas ini pertama kali digunakan sebagai media orang melukis, seiring perkembangan waktu, jenis kain kanvas semakin populer dan banyak digunakan diberbagai aplikasi, seperti tas, sepatu, tenda, terpal, jaket, sofa, kasur, dan masih banyak lagi.

Kain kanvas memiliki karakteristik dan juga berbagai jenis kain yang bisa kita gunakan untuk membedakan kain kanvas dengan jenis kain yang lain.

Karakteristik Kain Kanvas

Kain kanvas memiliki tekstur yang agak kaku, sehingga rapi ketika digunakan di berbagai aplikasi. Secara kasat mata, struktur anyaman benangnya terlihat kotak-kotak atau bulat-bulat, ini biasanya yang menjadi karakteristik utama dari kain kanvas, ketika kita melihat struktur anyaman benang kotak-kotak, maka kemungkinan besar jenis kain tersebut adalah kain kanvas. Tingkat ketahanan kain kanvas ini sangat tinggi, karena anyaman tenunan sangat rapat, sehingga pemakaiannya akan sangat tahan lama atau awet.

Jenis-jenis Kain Kanvas

Setelah membahas tentang karakteristik dari kain kanvas, nah kita juga akan bahas tentang beberapa jenis kain kanvas yang cukup populer di kalangan masyarakat, berikut penjelasannya.

Kanvas Kagawa

Kanvas Kagawa adalah kain kanvas yang terinspirasi dari gaya interior Jepang yang minimalis dan menyatu dengan alam. Karakter orang Jepang yang ingin disampaikan melalui kain Kagawa ini adalah simple, fungsional, bersih, dan mempunya koneksi dengan alam sekitarnya.

Ciri khas kanvas Kagawa adalah memiliki warna  two-tone yang unik, sehingga memberi kesan natural. Banyak aplikasi yang memakai kanvas Kagawa, contohnya: sofa, wall panel, headboard divan ranjang, sepatu, tas, dll.

Kanvas Linen

Kanvas Linen adalah salah satu jenis kain kanvas premium yang memiliki serat yang agak besar dan berbahan baku khusus, sehingga memiliki penampilan yang lebih natural dari jenis kain kanvas lainnya. 

Karena kanvas Linen menggunakan bahan khusus, harganya lebih tinggi dari jenis kanvas lainnya, tapi tentu penampilannya juga berbeda. Kanvas Linen ini sangat populer karena sering dipadupadankan dengan gaya interior Scandinavian.

Kanvas Tahan Air

Memang ada ya kain kanvas yang tahan air? Ternyata ada lho kanvas yang tahan air. Maksud dari tahan air artinya air tidak langsung meresap ketika air jatuh ke permukaan kain kanvas. Jadi, bila kain terkena air, bisa langsung dibersihkan dengan dilap, tapi kalau tekanan airnya besar dan didiamkan lama, pasti lama kelamaan ada yang meresapnya juga. 

Contohnya kanvas tahan air yang umum untuk terpal kendaraan dan aplikasi outdoor. Karena sifatnya yang easy maintenance ini, aplikasi interior saat ini juga sering menggunakan kanvas tahan air, terutama bila ada anak-anak yang masih kecil, sehingga interior rumah bisa lebih bersih dan awet.

Kanvas Blacu

Kain kanvas Blacu merupakan jenis kain kanvas yang paling sederhana dan ekonomis karena merupakan kanvas yang unfinished. Sehingga karakteristiknya cukup kasar dan paling kaku. Karena dari segi kekuatannya hanya di level medium, kanvas blacu seringnya hanya digunakan untuk aplikasi tas-tas sederhana saja.

Baby Kanvas

Jenis kanvas ini merupakan perpaduan kanvas yang kuat dengan tekstur lembut dapat ditemukan di tipe Baby kanvas. Seperti bayi yang kulitnya halus, kelembutan jadi ciri khas baby kanvas. Kanvas ini merupakan jenis kain kanvas tertipis, karena diameter benang yang ditenunnya kecil. Maka, jenis ini banyak diaplikasikan untuk industri fashion.

Kanvas Motif

Kain kanvas tidak selamanya berpenampilan polos, bisa juga ada motifnya seperti kanvas motif tropical, bunga, boneka, geometri, dll. Teknik yang paling umum itu printing (kain kanvas polos di print). 

Teknik lainnya yaitu tenun jacquard yang hanya bisa dengan mesin berteknologi modern di mana masing-masing tenunan benang warnanya diatur oleh komputer. Kelebihan kanvas motif jacquard adalah motifnya permanen, karena sering kali kanvas motif printing, pewarnaannya hanya sampai ke permukaan, tidak meresap sampai ke dalam benang. Aplikasi yang sering pakai kanvas motif adalah tas, sarung bantal, dan dompet.

Fungsi Kain Kanvas

Aplikasi kain kanvas dapat kita temukan di mana-mana. Hampir semua industri yang berbahan kain ada jenis kanvasnya. Mulai dari fashion, tas, sepatu, terpal, topi, media lukis, hamper, souvenir, juga aplikasi di dalam rumah seperti sofa, sarung bantal, wall panel, taplak meja, dan headboard divan ranjang.

Tapi untuk masing-masing aplikasinya tentu memakai jenis kain kanvas yang berbeda, maka kita perlu mempelajari jenis-jenisnya lebih detail. Salah satu jenis kanvas yang multifungsi atau bisa dipakai di banyak aplikasi adalah tipe kain kanvas Kagawa. Untuk lebih mendalam lagi, bisa mendalami kegunaan kain Kagawa ini.

Kesimpulan

Nah itulah tadi pembahasan tentang kain Kanvas, menarik bukan? Ternyata ada banyak jenis kain kanvas yang mungkin sering kita temui tapi kita tidak sadar bahwa itu adalah kain kanvas. Semoga penjelasan artikel ini bisa bermanfaat dan mungkin bisa menambah wawasan sobat kain.

Setelah mengetahui tentang apa itu kain kanvas, nah Lokakain punya rekomendasi kain kanvas yang bagus banget nih, namanya kain Kagawa, mau tau informasi tentang kain Kagawa? Simak penjelasannya di artikel selanjutnya!

Clothings
Share This Post:
MORE NEWS

Copyright PT Karya Anak Inovatif Nusantara © 2019-2024. All Rights Reserved

Pembelian Roll/Grosir