Lokakain

Berikut 7 Macam Kain Satin yang Harus Kamu Ketahui!

macam kain satin, rekomendasi bahan kain satin, kain satin, jenis kain satin

Menurut Masterclass, Satin lebih dari sekadar kain lembut dan berkilau yang sering digunakan untuk gaun mewah. Tenunan satin dapat terdiri dari beberapa jenis benang, dan jumlah penggunaannya melebihi gaun dan gaun pengiring pengantin. Namun, apakah kamu mengetahui bahwa ada banyak macam kain satin?

Satin mengacu pada tenunan, bukan tekstil, dan sebagian besar kain yang dicirikan sebagai satin memiliki hasil akhir yang lembut dan mengkilap yang banyak diaplikasikan pada baju, dress, gaun semiformal, gaun formal, furing (kain pelapis), tas, pita rambut, dan masi banyak lagi

Cara Merawat Kain Satin

macam kain satin, rekomendasi bahan kain satin, kain satin, jenis kain satin

Terkadang sulit untuk mencuci dan menyetrika kain ini. Untungnya, kamu dapat menemukan semua tips tentang cara mencuci satin dan menyetrikanya dalam artikel berikut. 

Fakta-fakta ini telah dilansir oleh robensmore. Berikut ulasannya 

  • Untuk menjaga kualitas kain satin, lindungi dari sinar matahari langsung
  • Mencuci kain satin dengan air dingin
  • Menggunakan deterjen bebas bahan kimia untuk menjaga kualitasnya
  • Jangan memeras satin setelah dicuci atau dapat membuat kerutan dan mengubah bentuknya

Baca Juga : APA SIH PENGERTIAN BAHAN TEKSTIL ITU?

Perbedaan Kain Satin dengan Polyester

macam kain satin, rekomendasi bahan kain satin, kain satin, jenis kain satin

Sebelum lanjut ke macam kain satin. Kita simak perbedaan antara kain satin dan polyester.

Perbedaan utama antara polyester dan satin adalah poliester adalah jenis serat khusus yang digunakan untuk membuat kain dan satin adalah jenis anyaman kainnya.. 

Satin bukanlah serat itu sendiri, melainkan kain satin dapat dibuat dari berbagai jenis serat asalkan ditenun bersama dengan cara tertentu.

Serat poliester hanyalah salah satu jenis serat yang digunakan untuk membuat satin. Polyester adalah serat sintetis, jadi satin yang terbuat dari serat poliester juga sintetis. Inilah sebabnya mengapa kedua kain ini sangat mirip. 

7 Macam Kain Satin yang Harus Kamu Ketahui

macam kain satin, rekomendasi bahan kain satin, kain satin, jenis kain satin

Sebenarnya, banyak dari kita yang tidak tahu apa itu satin tetapi banyak yang menyukai kain satin dan menggunakannya karena tampilannya yang mewah dan bahannya yang lembut. Tentunya penasaran kan ingin tahu terbuat dari apa kain satin tersebut?

Dahulu kala sampai penemuan serat terbaik untuk tempat tidur dan pakaian Cina menyiapkan kain yang disebut satin. Di Eropa, kain satin yang mewah dan mahal ini menjadi bahan favorit wanita. Kain ini digunakan di kamar tidur istana kerajaan. 

Ada lebih dari 10 jenis seperti Velvet Cavalli, Maxmara, Charmeuse,Slipper,Bridal dll. Digunakan untuk membuat pakaian pria, pakaian wanita, aksesoris tempat tidur seperti duvet cover, sprei, sarung bantal, dll. Yuk kenali 7 macam kain satin ini versi lokakain!!

Velvet Cavali

Macam kain satin yang pertama ada velvet cavali, jenis yang satu ini pastinya sering kamu temukan pada gamis, hijab atau jilbab. 

Hal ini karena velvet ini memiliki tekstur yang lembut, mudah dibentuk, serta adem untuk digunakan.

Sutra

Macam kain satin selanjutnya adalah sutra. Kamu yang sering melihat macam kain satin yang satu ini pastinya mengetahui betapa lembutnya kain ini serta tekstur yang pas untuk dikenakan di kepala.

Yup kain sutra ini bisa juga ditemukan pada hijab atau pakaian wanita. Karena memiliki kontur yang pas untuk kepala dan nyaman untuk digunakan.

Silk Charmuse

Kamu yang sering mengenakan pakaian atau batik untuk kondangan. Silk charmuse adalah salah satu macam kain satin yang sedang hits untuk saat ini.

Kain ini sangat baik untuk kamu gunakan oleh pria maupun wanita. Karena kain ini memiliki tekstur yang bagus dan sangat nyaman pada saat digunakan.

Clarisa

Nama macam kain satin yang satu ini cukup melekat dengan nama anak jaman sekarang. Yup clarisa adalah kain satin yang sangat diunggulkan menjadi macam kain satin yang serbaguna.

Kamu dapat menggunakannya untuk pakaian, dekorasi rumah, dan sebagainya.

Baca Juga : 6 JENIS KAIN BROKAT YANG SERING DIGUNAKAN UNTUK BUSANA WANITA

Bridal

Ingin membuat gaun pernikahan yang super elegan dan terkesan mewah. Bridal adalah salah satu macam kain satin yang dapat kamu gunakan untuk pakaian pernikahan.

Kain yang satu ini memiliki tekstur yang sedikit kaku namun tetap mudah untuk dibentuk, mulus dan adem untuk digunakan. Harga yang cukup mahal ini sangat sebanding dengan kualitas dari bridal.

Slipper

Jenis kain satin yang terakhir adalah slipper, apabila kamu sering melihat sepatu balet yang memiliki kesan yang elegan dan warna yang cantik. Itu adalah bahan satin yang disebut slipper.

Teksturnya yang lentur membuat para penari balet leluasa. Hal tersebut pastinya sangat baik untuk dijadikan beberapa bahan lainnya.
Begitulah 7 macam kain satin dengan serba – serbi yang kamu ketahui. Untuk melihat artikel lokakain lebih lanjut bisa klik link disini!

Clothings
Share This Post:
MORE NEWS

Copyright PT Karya Anak Inovatif Nusantara © 2019-2024. All Rights Reserved

Pembelian Roll/Grosir