Lokakain

Mengenal Kain Satin, Kain Yang Sudah Ada Dari Zaman Dahulu

kain satin, kain satin merah, satin, sutera

Kain satin adalah salah satu jenis kain yang cukup populer di kalangan masyarakat. Kain Satin ini mulai dikenal sekitar awal abad ke 20, yang dimulai dari daratan Eropa. Sebenarnya kain satin ini dapat dikatakan dibuat untuk dapat menyerupai kain sutera yang sudah dikenal lebih dahulu di Cina sejak 3000 SM. Tetapi kain satin & kain sutera menggunakan serat yang sangat berbeda.

Jenis-jenis Kain Satin

Kata satin sendiri terkadang dianggap sebagai sebuah bahan dasar dari kain, tetapi sebenarnya kata satin itu sendiri lebih mengarah kepada bentuk anyaman tenun yang digunakan dalam proses pembuatan menjadi kain tersebut. 

Satin Velvet

kain satin, satin velvet, velvet

Satin velvet umumnya menggunakan bahan dasar polyester. Karakteristik satin velvet ini halus, lembut, jatuh dan pastinya memiliki kesan kilap yang justru memberikan efek mewah dan berkesan formal saat diaplikasikan. Bahan satin ini biasa digunakan sebagai bahan furing (bagian dalam) kebaya, dress semi formal/formal, hijab, pakaian tidur.

Satin Silk

Satin silk berbahan dasar polyester pada umumnya. Karakteristik dari satin silk adalah sangat lembut dan jatuh saat digunakan. Jika dibandingkan dengan satin velvet, satin silk memiliki kesan lebih mengkilap (glossy). Kain satin silk ini bisa digunakan sebagai furing (lapisan dalam) kebaya, hijab, dress, pakaian tidur.

Satin Bridal / Satin Taffeta

Sesuai dengan namanya satin bridal/satin taffeta sering digunakan untuk gaun pengantin, gaun malam, dress formal, celana, pouch karena kain satin ini memiliki karakteristik kain yang lebih tebal,lebih mengembang dan sedikit lebih kaku jika dibandingkan dengan satin lain. 

Keunggulan Kain Satin Yang Harus Kamu Ketahui

Nah, selanjutnya ada beberapa keunggulan kain satin yang harus sobat kain ketahui, karena keunggulan kain satin ini menjadikan kain satin sangat populer terutama sebagai bahan untuk aplikasi yang punya kesan mewan dan elegan.

Lembut

Bahan satin memiliki karakteristik kain yang lembut dan jatuh sehingga kain satin juga banyak digunakan untuk hijab/gamis karena nyaman saat digunakan

Ringan/Licin

Kain satin saat dipegang, permukaannya sangat halus dan licin, sehingga  untuk perawatannya simple karena tidak mudah kusut. Cara perawatan dari kain satin ini mudah, agar tidak merusak kain, kain cukup dicuci tangan (handwash), dan disetrika dengan suhu rendah.

Mampu Memberikan Kesan Mewah

kain satin, satin mewah, kain mewah, satin

Ciri utama dari kain satin secara kasat mata terdapat kilap yang memberikan kesan mewah dan anggun saat digunakan. Karena karakteristik ini,  kain satin selain dapat digunakan untuk dibuat baju casual, seringkali dipakai untuk membuat baju semi formal/gaun malam. Bahan satin ini juga sering dikombinasikan dengan kain brokat untuk membuat tampilan yang lebih mewah.

Kesimpulan

Menurut sobat kain gimana nih bahasan kali ini tentang kain Satin? Ternyata kain Satin ini sudah populer dari dulu hingga sekarang. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan sobat kain semua. Nah, kain Satin juga sering dijadikan sebagai bahan kaos lho, mau tau model baju kain satin polos? Klik disini untuk baca artikel selanjutnya.

Clothings
Share This Post:
MORE NEWS

Copyright PT Karya Anak Inovatif Nusantara © 2019-2024. All Rights Reserved

Pembelian Roll/Grosir