Lokakain

Apa itu Bahan Seersucker ? Kenali dan simak untuk rekomendasi pemanfaatannya

Apa kabar semuanya? Sebagian dari kita mungkin masih cukup dengan jenis kain cotton seersucker, seperti apakah bentuk, tekstur, tampilan motif hingga fungsinya? Di luar negeri, kain yang masuk dalam keluarga katun ini banyak digunakan untuk setelan musim semi dan musim panas. Kain ini cukup halus dan tidak perlu repot-repot menyetrikanya ketika akan dikenakan, selain itu kain cotton seersucker juga sejuk dan breathable ketika digunakan.

Mau tahu lebih lanjut untuk jenis kain katun satu ini. yuk kita bahas bersama.

Seperti Apa Bahan Cotton Seersucker?

karakteristik bahan seersucker

Kain cotton seersucker merupakan jenis kain katun yang memiliki ciri khas berupa tekstur kerut, tipis dan ringan. Kain jenis ini biasanya diproduksi dengan motif garis ataupun kota-kotak. Kata seersucker berasal dari bahasa Persia: “sheer dan shakar” yang berarti “susu dan gula” yang dimaksudkan sebagai representasi dari susu yang lembut dan menginspirasi motif garis-garis pada kain ini, sementara gula merupakan representasi dari kasar karena kain jenis ini memiliki tekstur bergelombang atau berkerut-kerut.

Tekstur kerut dan gelombang pada kain seersucker tercipta akibat dari teknik penenunan yang menggunakan ketegangan yang berbeda-beda saat produksi. Karena kerutan tersebut pulalah yang memberikan jarak antara kain dan kulit ketika dikenakan, hal tersebut membuat sirkulasi udara dengan mudah melewati kulit dan membuat kain ini mampu memberikan efek dingin ketika dikenakan dan sangat nyaman dikenakan saat cuaca panas.

Kain ini juga sangat baik dalam menyerap keringat, untuk itu kain ini sangat cocok digunakan untuk orang-orang yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia. Kain ini juga tidak menyebabkan alergi bahkan untuk kamu yang memiliki jenis kulit sensitif, karena ia memiliki sifat hypoallergenic.

Fungsi Cotton Seersucker

Seersucker sangat cocok digunakan untuk pakaian musim panas seperti baju kemeja, celana pendek. Kain ini terkenal karena tampilannya yang santai dan nyaman serta kemampuannya untuk membantu mengatasi panas dan memiliki daya serap yang sangat baik. Seersucker juga cocok digunakan sebagai bahan pakaian anak-anak, blus, gaun, piyama, jas untuk seersucker dengan motif garis-garis. Untuk kualitas yang lebih tebal dapat juga digunakan sebagai bahan produksi sprei, tirai, perabotan dan lain sebagainya.

Meski terkesan sangat kasual, kain jenis ini juga bisa loh digunakan untuk acara-acara formal, saat ini sudah tersedia banyak cotton seersucker dengan warna yang tidak terlalu terang dan mencolok. Penggunaan warna yang netral dan kalem ditambah celana/rok dan sepatu yang tepat, cotton seersucker bisa menjadi alternatif terbaik dalam menghadiri acara-acara formal.

Cara Merawat Cotton Seersucker

Bahan seersucker merupakan jenis kain yang memiliki karakteristik cukup kuat dan tahan lama untuk pemakaian jangka panjang hingga bertahun-tahun. Akan tetapi agar semakin awet dan tetap baik untuk digunakan kamu harus tahu bagaimana cara merawat bahan kain ini dengan baik. Cotton seersucker pada umumnya dibuat menggunakan 100% kapas murni dan ramah lingkungan, jadi bahan ini mudah menyusut apabila terkena panas yang berlebihan, kelemahan lain dari kain ini adalah mudah kotor karena ia terbuat dari kain katun. Jadi kamu harus sering mencucinya.

Cara mencuci bahan seersucker juga sangat mudah tanpa perlu perawatan khusus, bahan ini bisa dicuci manual menggunakan tangan ataupun menggunakan mesin cuci. Cukup gunakan air dingin dan jangan gunakan air panas untuk pencucian. Jika harus mengeringkan menggunakan mesin pengering, atur setting nya ke medium saja dan jangan terlalu panas. Akan lebih baik untuk menjemur kain ini tidak di bawah sengatan matahari langsung, akan tetapi tetap terangin-angin dengan baik. Bahan seersucker juga tidak perlu disetrika ketika akan digunakan. Yang terakhir, jangan gunakan pemutih ketika mencuci bahan ini, pemutih merupakan bahan keras yang bisa merusak kain. Gunakan sabun cuci bisa untuk mencuci bahan ini.

Tertarik untuk mencoba atau memiliki pakaian atau peralatan rumah dengan bahan dasar cooton seersucker? Kamu tidak perlu repot-repot turun ke pasar berpanas-panasan dan berdesak-desakan. Kamu bisa mendapatkan kain cooton seersucker ataupun kain jenis lainnya hanya di Lokakain disana tersedia banyak macam varian dan pilihan jenis kain dengan standar kualitas tinggi yang bisa kamu beli tanpa minimal pembelian dan melayani segala permintaan baik ecer maupun grosir.

Kamu bisa langsung kunjungi toko online Lokakain dengan cara klik tombol di bawah ini.

Uncategorized
Share This Post:
MORE NEWS

Copyright PT Karya Anak Inovatif Nusantara © 2019-2024. All Rights Reserved

Pembelian Roll/Grosir